Innalillahi, 5 Juta Anak Kekurangan Vitamin A, Separuhnya Meninggal Dunia, Bagaimana Mencegahnya?

Posted on

Kekurangan vitamin A terutama bagi balita perlu dihindari sedini mungkin. Maka dari itu Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Palembang kembali melakukan penyuluhan Germas, suntik difteri, serta pemberian Vitamin A kepada puluhan anak di posyandu Melati II, Senin (12/2/2018).

Melalui acara yang sekaligus rangkaian HUT IIDI ke-63 ini, para istri dokter ini terus gencar melakukan sosialisasi hidup sehat sekaligus imunisasi di posyandu Palembang terutama sosialisasi terkait vitamin A.

Adapun kali ini masyarakat yang memiliki balita di lingkungan Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang dan sekitarnya melalui posyandu Kurnia Palembang yang berkesempatan mengikuti imunisasi rutin ini.

Hj Nur Anita Alwi Rais selaku Ketua IIDI Palembang mengatakan, saat ini tercatat ada sekitar lima juta anak di dunia yang kekurangan vitamin A berdasarkan data WHO Setiap tahunnya, ada 250 ribu sampai 500 ribu anak yang kekurangan vitamin A, dan separuh dari itu meninggal dunia.

“Makanya kita lakukan pemberian vitamin A ini di bulan Februari dan Agustus dan memang pada dua bulan tersebut khusus pemberian vitamin A,” jelasnya.

Menurutnya, vitamin A sendiri sangat penting untuk mencegah kebutaan pada anak di kemudian hari. Pemerintah sendiri sudah melakukan pemberian vitamin A ini sejak 1970 sampai sekarang kepada anak dari usia 6-59 bulan.

“Orangtua sendiri harus bisa memberikan kebutuhan Vitamin A ini kepada anak mereka. Seperti memberikan asupan gizi yang cukup muli dari protein hewani seperti daging, susu dan hati. Begitu juga dari protein nabati seperti sayuran wortel, brokoli dan buah-buahan,” katanya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *